Header Ads

Ad Home

5 Tips Sehat Berolahraga di Bulan Puasa

Olahraga merupakan salah satu cara untuk membuat tubuh kita tetap fit dan sehat. Tapi banyak orang yang suka meninggalkan olahraga, apa lagi di bulan puasa. Wajar saja, karena sebagian orang menganggap berolahraga di bulan puasa akan cepat merasa haus sedangkan minum tidak diperbolehkan ketika menjalankan ibadah puasa. 

Nah, bagi anda yang ingin tetap menjaga kebugaran tubuh, yang tentunya berarti anda juga harus tetap olahraga di bulan puasa, namun tidak terlalu mengganggu puasa anda.  Berikut ini 5 Tips Sehat Berolahraga di Bulan Puasa yang cocok buat anda pecinta olahraga:
  1. Sesuaikan jenis olahraga. Ketika puasa tubuh menjadi lebih cepat lelah. Oleh sebab itu, disarankan agar anda tidak berolahraga yang berat seperti sepak bola, basket atau voli. Cukup olahraga ringan saja seperti senam lantai, atau stretching. Penyesuaian jenis olahraga merupakan tips utama sehat berolahraga di bulan Ramadhan. 
  2. Mengonsumsi protein yang banyak. Saat berpuasa, usahakan untuk mengkonsumsi protein dalam jumlah banyak bila anda ingin berolahraga secara rutin. Sebab protein merupakan kandungan makanan yang lambat siderap dan diolah oleh tubuh. Konsumsi protein dalam jumlah banyak ketika berbuka dan sahut akan membuat anda tidak cepat lelah ketika olahraga. 
    5 tips sehat berolahraga di bulan puasa
  3. Konsumsi karbohidrat saat sahur. Ketika berpuasa, waktu sahur adalah waktu yang paling penting untuk diperhatikan bila anda ingin berolahraga. Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak sebagai sumber energi ketika berolahraga di saat puasa. 
  4. Perhatikan waktu olahraga. Selain jenis olahraga dan makanan yang dikonsumsi, hal lain yang penting diperhatikan adalah waktu berolahraga. Jangan olahraga di waktu siang hari. Pilihlah waktu olahraga yang tepat, lebih baik menjelang berbuka.
  5. Penuhi cairan tubuh. Selalu jaga cairan tubuh anda agar tidak terkena dehidrasi ketika berpuasa. Perbanyak minum air putih ketika sahur dan buka puasa. Hal itu akan membantu anda tetap fit ketika berolahraga.
Nah, Seprti itulah 5 tips sehat berolahraga  selama bulan puasa. Semoga dengan tips diatas sahabat Rumah Salam tetap sehat dan fit selama menjalani ibadah puasa, dan tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga di Bulan puasa.
Baca Juga

Powered by Blogger.