Header Ads

Ad Home

Inilah Jawaban Kenapa Manusia Malam Harus Beristirahat Dan Siang Harus Beraktivitas

Allah menciptakan alam raya dan kehidupan yang ada didalamnya dengan keserasian dan keseimbangan. Tidak ada detail yang tercecer dari segala hal Allah ciptakan. Termasuk dengan tubuh manusia, semua hal yang ada dalam tubuh manusia memilki detail yang sedemikian sempurna. Para peneliti sudah banyak yang membuktikan bahwasannya tubuh manusia memiliki kerumitan dan keajaiban. Mulai dari sel, jaringan tubuh, organ tubuh, sistem dan fungsi organ tubuh dll, semua sudah diatur secara datail oleh Allah sebagai penciptanya. Dan Semua berjalan dengan sistem yang sudah tercipta sempurna. Berbicara sistem dalam tubuh manusia, ternyata aktifnya sistem dalam tubuh manusia itu dipengaruhi oleh waktu. Ada kondisi atau waktu tubuh manusia harus beristirahat dan ada waktu tubuh manusia harus aktif bergerak. 

Al-qur’an menyatakan siang hari adalah waktu untuk beraktivitas, sementara malam hari dianjurkan agar dimanfaatkan untuk istirahat. Allah SWT berfirman dalam Ayat Al-Qur’an :
“Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mendengar” (QS. Yunus: 67).
inilah jawaban kenapa manusia malam harus beristirahat dan siang harus beraktivitas

Dengan meneliti tubuh manusia, terbukti bahwa metabolisme tubuh manusia sudah diatur sesuai dengan kondisi waktu. Penjelasan ilmiah yang dikutif dari buku yang berjudul “Keindahan dalam Kehidupan” karya Harun Yahya bahwasannya “hal yang terjadi pada tubuh manusia saat mentari mulai terbenam, kelenjar otak yang berada dilandasan otak mulai membendung melatonin. Hal itu membuat seseorang kurang siaga. Pada kondisi tersebut pula fungsi otak cenderung melemah dan suhu badan menurun. Semua reaksi tubuh terhadap gelap, secara otomatis akan merendahkan produktifitas seseorang”. Makanya pada kondisi gelap atau malam hari sebaiknya manusia beristirahat (tidur). jika dipaksakan terjaga atau bekerja, maka secara alami tubuh manusia akan mengalami karusakan sistem alaminya.

Sedangkan seiring dengan munculnya fazar, zat melatonin dalam tubuh berkurang dan hormon-hormon menjadi aktif, suhu tubuh meningkat dan fungsi kerja otak kembali mencapai tingkat maksimum. Faktor-faktor tersebut, menyebabkan tubuh terjaga, perhatian dan produktifitas seseorang kembali normal. Makanya pada waktu siang, tubuh manusia dianjurkan untuk aktif beraktifitas atau bekerja.

Nah sahabat.. itulah alasan kenapa tubuh manusia harus beristirahat pada malam hari, karena sifat alami manusia memang diciptakan dengan keterbatasan dan kemampuan tertentu. Jika manusia memilih melakukan sebaliknya, malam bekerja dan sianghari tidur, secara alami tubuh manusia akan melakukan penolakan. Dan dampak yang ditimbulkan malah akan membahayakan tubuh tersebut. Makanya orang yang terbiasa begadang akan lebih rentan terkena penyakit, di bandingkan dengan orang yang tidak begadang. 
Baca Juga

Powered by Blogger.