Header Ads

Ad Home

Untuk Para Orangtua Wajib Baca! Inilah Delapan Cara Agar Anak Anda Terlahir Sempurna Dan Tidak Cacat

Memiliki buah hati yang terlahir sempurna dan sehat adalah dambaan setiap orangtua. Mereka akan melakukan upaya apapun untuk buah hatinya dari kecil sampai menjadi dewasa bahkan mereka akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk semua buah hatinya sejak ia masih ada dalam kandungan. Namun terkadang ada kondisi dimana para ibu dan ayah harus menerima saat di takdirkan memiliki anak yang kurang sempurna atau cacat.. Kelahiran seorang bayi dengan kondisi cacat memang tidak dapat dicegah. Allah yang menentukan segalanya, Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar. 

Salah satu ikhtiar kita agar kelahiran buah hati kita tidak dalam kondisi cacat adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Sedini mungkin seorang wanita yang merupakan calon ibu harus memperhatikan kesehatan reproduksi dan harus selalu menjalani pola hidup sehat. Bila Anda adalah para orangtua dan bagi para calon ayah atau ibu informasi ini penting diketahui agar anak yang ada di dalam kandungan terlahir dalam kondisi sehat Anda bisa mengikuti sejumlah cara di bawah ini:

  1. Rajin berdoa kepada sang Maha Pencipta. Hal ini adalah ikhtiar pertama yang harus dilakukan. Jika anda muslim, Berdoalah dengan doa-doa yang ada dalam Al-Qur’an (contoh doa ada dalam QS. Al-Imran ayat 38 dan QS. Al-furqon ayat 72) atau bisa juga dengan bahas sendiri. Mintalah kepada Nya agar diberikan Anak yang bukan hanya sehat secara jasmaniyah namun sehat juga rukhiyahnya. 
  2. Jika anda calon ibu yang memiliki kebiasaan buruk merokok, sebaiknya berhenti segera sebelum anda memutuskan untuk hamil. Jangan menghisap sebatangpun rokok dalam kondisi hamil. Merokok selama kehamilan dapat mengakibatkan kelahiran prematur, bibir sumbing, bahkan kematian bayi. Karena zat beracun dalam rokok, bisa merusak tubuh. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa. Bagi anda baik calon ibu atau calon ayah sangat dianjurkan agar menjauhkan diri dari rokok. Terutama untuk para calon ayah, saat anda merokok menjauhlah dari istri anda yang sedang mengandung buah hati anda karena Jika asap rokok terisap oleh ibu atau bayi dalam kandungannya akan meningkatkan resiko bayi lahir cacat.
    untuk para orangtua wajib baca! inilah Delapan cara agar anak anda terlahir sempurna dan tidak cacat
  3. Jangan mengkonsumsi obat sembarangan. Apalagi obat yang dijual diwarung-warung. Jika ibu sakit, segera periksakan diri ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat yang tidak membahayakan kehamilan. Makan obat sembarangan akan meningkatkan resiko kecacatan pada bayi dalam kandungan.
  4. Hindari minuman beralkohol, Minuman beralkohol dapat merusak kesehatan ibu dan bayi. Ketika ibu mengkonsumsi Alkohol, seteguk saja maka alkohol tersebut akan mengalir dalam darah kemudian diteruskan ke bayi melalui tali pusat. Kisah nyata, seorang ibu hamil meminum alkohol saat hamil. Anak yang terlahir darinya di vonis memiliki kelainan saraf dan tidak bisa bicara.
  5. Para ibu hamil lindungilah diri anda dari infeksi. Beberapa infeksi selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Cegahlah infeksi dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, jangan mengkonsumsi buah yang tidak dicuci. Cucilah buah dan sayuran yang akan dikonsumsi dengan bersih.
  6. Sabaiknya ibu banyak mengkonsumsi  asam folat. Asam folat mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat dapat menurunkan resiko kelahiran cacat seperti bibir sumbing dan cacat jantung. Bahkan asam folat juga dapat mengurangi resiko pre-eklampsia. Sumber asam folat dapat dengan mudah ditemukan didalam sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan sereal. Bahkan sekarang sangat mudah didapat asam folat yang dikemas dalam bentuk tablet di apotek dan toko-toko obat. Jika Anda merencanakan kehamilan, usahakan untuk memasukan 400 mcg asam folat setiap hari.
  7. Lakukan Vaksinasi. Ada jenis vaksinasi yang direkomendasikan bagi calon ibu sebelum hamil. Namun ada juga vaksinasi yang direkomendasikan di masa kehamilan. Dengan vaksinasi, dapat melindungi ibu dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi, bayi yang lahir akan sehat. Lakukan vaksinasi sesuai waktu yang ditentukan, karena  dalam beberapa kasus kelahiran bayi cacat tidak jarang diakibatkan keteledoran calon ibu dalam melakukan vaksinasi.
  8. Lakukan Konsultasi dengan dokter sesesering mungkin minimal 2 minggu sekali. Penting bagi seorang wanita yang sedang mengandung untuk merencanakan pemeriksaan secara rutin sesuai jadwal ke dokter kandungan. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui bagaimana kondisi dari bayi yang terdapat di dalam kandungan Anda. Sehingga apabila didapat masalah dalam kandungan bisa langsung ditanggulangi sedini mungkin.
  9. Ciptakan lingkungan keluarga yang nyaman dan tenang, hubungan harmonis keluarga bisa membuat kondisi psikis dan psikologis calon ibu dan bayi dalam kandungan dalam kondisi sehat. Tumbuh kembang bayi dalam kandungan benar-benar dipengaruhi kondisi psikis dan psikologis ibu hamil. Maka mulailah melakukan pola hidup sehat dan seimbang disertai berolahraga yang sesuai, agar bayi Anda terlahir sempurna dalam kondisi yang sehat dan tidak cacat. 
Baca Juga

Powered by Blogger.