Header Ads

Ad Home

Lima Bahaya Mengerikan Dari Kebiasaan Mendengarkan Musik Dengan Headset Atau Earphone

Telinga merupakan salah satu panca indra manusia, karunia yang diberikan Tuhan kepada kita supaya kita dapat mendengarkan berbagai suara yang ada di muka Bumi ini. Tanpa telinga manusia tidak dapat mendengarkan apapun. Agar telinga atau alat pendengaran kita tetap berfungsi dengan baik maka kita harus menjaganya dari hal-hal yang membahayakan. Jika tidak, dapat dipastikan panca indra ini akan mengalami kerusakan. Dan tahukah anda salah satu alat yang dapat merusak alat pendengaran adalah headset yang sering kita gunakan sehari-hari.

Dari kebiasaan mendengarkan musik favorit melalui headset, saya dan mungkin anda lebih beresiko terkena dampak negatifnya di banding dengan orang yang tidak pernah menggunakannya. Apa saja bahayanya, berukut penjelasannya:

lima bahaya mengerikan dari kebiasaan mendengarkan musik dengan headset atau earphone
  1. Akan Kehilangan Pendengaran di Usia Muda. Mendengar musik menggunakan headset atau earphone dengan volume maksimal atau melebihi volume yang normal, Jika hal ini dilakukan sejak masih berusia muda, maka potensi kehilangan pendengaran dini akan semakin cepat terjadi. Sebaiknya berikan jeda jeda beberapa waktu supaya telinga kita bisa terbiasa kembali dengan keadaan default.  Jika tidak, ketegangan telinga akibat musik keras akan terus berlangsung sehingga dapat menimbulkan kerusakan telinga permanen. 
  2. Mengalami Kerusakan Telinga Permanen. Penggunaan headset yang terlalu sering dan terus menerus, akan memicu Kerusakan pada telinga secara permanen. Hal ini dapat terjadi karena suara keras yang ditimbulkan saat mendengarkan dengan headser, akan menyebabkan pecahnya gendang telinga. Jika gendang telinga rusak, otomatis anda akan mengalami penurunan daya dengar. Bahkan secara perlahan dapat menyebabkan tuli. 
  3. Merusak Ambang Pendengaran normal. Menggunakan headset atau earphone yang berlebih dan sering dapat mempengaruhi ambang pendengaran kita. Jika di saat biasa kita dapat mendengar suatu hal dari jarak yang cukup jauh, namun dengan berubahnya amabng pendengaran.
  4. Menyebabkan Kerusakan Otak. Earphone atau headset yang digunakan juga ternyata memancarkan gelombang elektromagnetik tertentu. Hal ini diyakini dapat memicu kerusakan otak dikarenakan oleh radiasi dari headset atau earphone itu sendiri. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian pada tikus dan tumbuhan. Otak tikus yang terpengaruh oleh gelombang radiasi ini mengalami kerusakan pada otaknya. Sedangkan pada tumbuhan, perlahan layu dikarenakan paparan musik keras yang menerpa selama beberapa hari. 
  5. Terkontaminasi bakteri. Hindari Penggunaan headset yang berpindah-pindah orang, atau sebaiknya anda tidak menggunakan headset atau earphone secara bergantian karena akan menyebabkan perpindahan bakteri yang ada di telinga. Anda juga haus berhati-hati menggunakan headset di fasilitas umum seperti di warnet. Telinga yang mengalami infeksi dari bakteri ditandai dengan rasa gatal yang tidak hilang beberapa hari. Segera periksa kedokter, agar cepat mendapat penanganan. Jika tidak, telinga anda akan terinfeksi dan jika dibiarkan dapat menyebabkan hilangnya pendengaran.
Sahabat Silahkan di share.. Artikel yang ditulis ini penting diketahui oleh banyak orang, agar mereka (-orang yang kita sayangi) orangtidak mengalami hal berbahaya dari penggunaan headset atau earphone.
Baca Juga

Powered by Blogger.